Senin, 22 Februari 2010

Bebaskan pikiran atau keyakinan yang salah

Anda bisa membayang apabila anda di penjarara apalagi pikiran yang memiliki kehendak bebas bisa dipenjara. Apalagi fisik yang hanya budaknya pikiran. Tentu akan mudah dipenjara, betama manusia “makhluk yang paling binggung” dengan pikirannya sendiri. Manusia dengan kemampuan pikirannya mampu menciptakan peradaban di muka bumi ini manusia menciptakan peradaban demi kepentingan sendiri. Begitu menciptakan peradaban manusia menjadi tidak berkutik dengan barang ciptaan itu. Manusia harus patuh dengan segala aturan ,norma,etika, hingga aturan protokoler yang seringkali kembali memenjara pikirannya.
Penjara pikiran ada disekitar kita. Penjara pikiran berasal dari lingkungan keluarga, sekolah tempat kerja, dan dari masyarakat umum. Semua membelenggu pikiran kita sehingga pikiran tidak bisa tumbuh secara bebas.
Pikiran kita sesungguhnya penuh sesak dengan program oikiran orang lain yang muncul karena ada sosialisasi lingkungan. Kita adalah “penghuni” penjara mental buatan orang lain dan tidak berdaya menghadapinya.
Penjara mental adalah system keyakinan yang salah dan memaksa diri kita untuk melahirkan sesuatu dengan normanya. Ex: semenjak sekolah pikiran kita telah di akomodasi dengan “gagal itu sesuatu yang harus dihindari”. Oleh karena itu kita pun menjadi takut gagal dan tidak berani mencoba hal-hal yang baru.
Penjara pikiran kurang lebih sama dengan hantu pikiran. Begitu mengingatnya pikiran merasa takut terlebih dahulu sebelum mencoba. Takut banyangannya terlebih dahulu ,kalah sebelum bertanding, cermin mental tempe (mudah menyerah). Kalau demikian ,kapan anda bisa berubah???sepanjang tidak ada kesadaran dan keberanian untuk bertindak, semua hambatan (keyakinan yang salah) jangan harap ada perubahan dalam diri anda.

salam bisa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar