Rabu, 24 Februari 2010

Smart Service With Care

Dalam konsep ini, seorang karyawan dilatih bagaimana melayani pelanggan dengan baik. Oleh karena itu, dalam hal ini akan dijelaskan strategi dalam melayani pelanggan dengan CARE.

CARE adalah tahapan kita dalam memberikan pelayanan dengan tulus kepada pelanggan yang akan membuat mereka puas. Rasa puas ini akan membuat mereka loyal dan mau terus berbisnis dengan kita.

CARE adalah singkatan dalam menunjukan tahap dalam proses pelayanan.
• Concern (kepedulian)
Pada hal ini, seorang karyawan atau pelayan dituntut bagaimana memberikan suatu bentuk kepedulian terhadap pelanggan.
Ex:
Seorang petugas keamanan sutu bank melihat nasabah yang kebinggungan berdiri di depan pintu masuk. Lantas petugas security ini mulai tanggap dan berkata dalam hatinya ,”mungkin nasabah itu perlu bantuan,”. Lalu ia mendekati pelanggan dan berkata, ada yang bias kami Bantu?.

• Attention (memberi perhatian)
Dalam hal ini ,karyawan dilatih bagaimana memberikan perhatian yang maksimal kepada konsumen sehingga konsumen merasa nyaman.
Ex:
Seorang costumer service mendengarkan apa yang dikatakan oleh konsumennya dengan sabar dan telaten,” ibu,saya ingin mendengarkan semua keluhan ibu tentang produk kami sekarang, silahkan ceritakan”.

• Relation (hubungan yang baik)
Dalam hal ini, seorang karyawan dituntut menjalin hubungan yang baik dengan konsumen melalui cara berkomunikasi dengan baik.
Ex:
Seorang kasir supermarket menyapa pelanggan yang biasa belanja di supermarket tersebut,”malam,ibu, wah ,serang rasanya melihat ibu tetap sehat dan bugar setelah cukup lama tidak melihat ibu berkunjung kesini.”
Dalam relation ini bagaimana kita menganggap seoarang konsumen adalah keluarga kita sehingga terjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

• Emotion (pendekatan emosi positif)
Dalam hal ini, seorang karyawan dituntut bagaimana menciptakan hubungan kedekatan emosi positif yang mendalam terhadap pelanggan sehingga pelanggan merasa puas.
Ex:
Seorang ibu dengan anak bayi yang mau meninggalkan pesawat disapa oleh pramugarinya ,”ibu,saya lihat bayi ibu cukup rewel sampai ibu kewalahan. Saya mengerti ,ibu pasti capek sekali . seandainya kami bias membantu lebih banyak …. Semoga cepat sampai di tempat tujuan,dan ibu bias istirahat yang cukup ya.”
Dapat terlihat dari cerita diatas bahwa seorang pramugari memperlakukan penumpang bagaikan keluarga sendiri.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa ,dalam strategi bisnis apalagi pelayanan jasa sangat dibutuhkan CARE sehingga pelanggan merasa puas dan loyal terhadap kita. Oleh karena itu, maka suatu perusahaan harus melatih SDM dengan CARE sehingga penjualan akan semakin maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar