Selasa, 23 Februari 2010

Take Action + Formula

Pada awal tadi penulis telah menjelaskan bahwa “orang yang punya keinginan dan impian apabila tidak mempraktekan (take action) maka akan gagal dalam hidupnya”. Pembaca, ada seorang penulis dan praktisi bisnis terkemuka bernama Michael George pernah membuat rumusan sukses yang menarik. Menurutnya, formula sukses mempunyai persamaan berikut ini, yakni SUKSES = VISI + IMAJINASI + AKSI + EMOSI.
Anda pasti setuju bahwa sukses mula-mula terkait dengan VISI. Ibarat sebuah tali, visi yang jelas mengikat diri kita pada suatu masa depan yang jelas. Dengan visi yang jelas, semua energi dan sumber daya yang ada bisa diarahkansecara efisien untuk mencapainya.
Anda pasti tau pemain film aksi dan mantan binaragawan terkenal ,Arnold Schwarzenegger. Ia punya visi untuk mejadi binaragawan terbaik. Untuk itu setiap hari dia menghabiskan waktu 3 sampai 6 jam untuk melatih otot-ototnya. Ia mendisiplinkan dirinya untuk meraih visinya. Akhirnya setelah bertahun-tahun berlatih dan bekerja keras dia menjadi binaragawan terbaik.
Setelah kita mempunyai visi yang mantap, maka elemen kedua sukses adalah IMAJINASI. Ada ungkapan yang mengatakan , energi kita akan mengikuti imajinasi kita. Berimajinasilah setinggi mungkin. ini adalah kisah nyata seorang senior sales manajer di perusahaan farmasi. Ia berkisah , waktu pertama kali berkeluarga. Karena hidupnya pas-pasan, ia punya tekad untuk mencapai kehidupan financial yang lebih baik. Suatu ketika ia memasang foto rumah impiannya di depan cermin. Jadi, setiap pagi dia bercermin , ia akan melihat gambar rumah impiannya itu. Akhirnya 3 tahun kemudian ia mewujudkan rumah impian tersebut, bahkan lebih besar. Inilah yang dilakukan oleh walt Disney dan albert Einstein.
Elemen sukses yang ketiga dan terpenting adalah TAKE ACTION. Ada ungkapan yang mengatakan ,” aksi tanpa visi hanya menyia-nyiakan waktu, tetapi visi tanpa aksi hanya akan menjadi mimpi di siang bolong”. Pada kesempatan ini penulis ingin menceritakan tentang 2 ekor katak yang berdialog. Mereka mengamati danau tempat tinggal yang airnya mau kering karena kemarau yang panjang. Katak pertamam menasehati temennya agar mereka segera pindah seperti yang lain. Katak kedua ngotot ngak mau pindah.
Katak pertama bilang “ayo temenku, kita harus pergi mencari danau lain. Aku tau, kalau tidak pergi kita akan mati. Namun, katak kedua hanya bilang ,”ngak kawanku. Aku akan tetap tinggal disini, ditempat kelahiranku, menunggu hujan tiba.” Di akhir cerita ada katak yang mati. Berapakah katak yang mati??? Anda pasti bisa menebak bahwa yang mati adalah dua ekor. Mengapa??? Masalahnya, katak pertama Cuma NATO, No Action, Talk Only. Impian tanpa aksi tidak ada artinya.
Pembaca, ada rumus sukses yang sangat gampang dan sederhana. Rumus dan formula ini dikatakan dengan baik oleh NIKE, perusahaan sepatu olah raga yang terkenal itu. Dalam iklannya, nike bilang,”just Do it” iya, begitu sederhana ,”just do it” lakukan saja yang mesti anda lakukan. What do you have to do???
Ingatlah semakin lama kita menunda ,semakin lama kita berhenti, semakin lama juga kita menunggu hasilnya. Lebih baik pelan- pelan, tapi bergerak dengan pasti.daripada terus berencana tentang suatu langkah yang besar ,tapi tidak pernah dilaksanakan. Jadi, “what do you have to do???”. Pikirkan dan lakukan sesuatu hari ini;bukan besok bukan bulan depan.
Jangan tidur malam ini sebelum anda yakin dan dengan senang hati telah melakukan sesuatu. Jadi tips kita pembaca???
Pertama, take action, ambil tindakan.
Kedua, take action now, ambil tindakan sekarang.
Ketiga, take action again, sekali lagi ambil tindakan.
Apabila anda masih belum take action, maka Last but No Least, elemen terakhir adalah EMOSI. Rasakan sakitnya apabila anda terus-menerus dengan situasi sekarang karena tidak melakukan apapun, atau pikirkan rasa sakit apa yang mungkin anda rasakan di masa depan, kalau anda belum melakukan apapun. berikutnya,rasakan hal yang menyenangkan jika anda telah melakukan sesuatu.

salam bisa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar